5 Tokoh Terkenal Asal Binjai yang Membanggakan Indonesia

Tokoh-tokoh Terkenal Asal Binjai yang Membanggakan Indonesia | Kota Binjai, Sumatera Utara, merupakan kota yang memiliki banyak tokoh terkenal yang telah berkontribusi dalam berbagai bidang, baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional.
Tokoh Terkenal Asal Binjai

Berikut adalah beberapa tokoh terkenal asal Binjai yang menginspirasi:

  1. Tengku Amir Hamzah
    Tengku Amir Hamzah adalah seorang sastrawan, penyair, dan pahlawan nasional Indonesia yang lahir di Tanjung Pura, Langkat, pada tanggal 28 Februari 1911. Ia merupakan salah satu tokoh sastra terpenting dalam sejarah sastra Indonesia. Karya-karyanya yang terkenal antara lain “Dua Hati”, “Pahlawan Tak Dikenal”, dan “Panji Larasati”.
    Tengku Amir Hamzah lahir dari keluarga bangsawan Melayu. Ia menempuh pendidikan di Sekolah Melayu, Sekolah Raja, dan Sekolah Menengah Pertama di Tanjung Pura. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikannya di Sekolah Menengah Atas di Medan.
    Pada masa pendudukan Jepang, Tengku Amir Hamzah aktif dalam pergerakan nasional. Ia pernah menjabat sebagai Residen Langkat pada tahun 1945. Namun, pada tanggal 20 Maret 1946, ia gugur dalam pertempuran melawan pasukan Belanda di Kwala Begumit, Binjai.
    Tengku Amir Hamzah dikenal sebagai seorang penyair yang romantis dan puitis. Karya-karyanya banyak mengisahkan tentang cinta, keindahan alam, dan perjuangan bangsa. Ia merupakan salah satu tokoh sastra Indonesia yang paling berpengaruh. Baca Selengkapnya DISINI
  2. Amru Daulay
    H. Amru Helmy Daulay, S.H. (18 Oktober 1939 – 28 Januari 2023) adalah politikus, birokrat, dan dosen Indonesia yang menjabat sebagai Bupati pertama Mandailing Natal dua periode yakni 2000–2005 dan 2005–2010.
    Sebelum terpilih sebagai bupati Madina definitp melalui mekanisme pemilihan anggota dewan berpasangan dengan Masruddin Dalimunthe (2000-2005), ia diangkat Gubernur Raja Inal Siregar sebagai pelaksana tugas (Plt) bupati Madina pasca dimekarkan dari Kabupaten Tapanuli Selatan tahun 1999.
    Selama sekitar 10 tahun memimpin Madina, Amru Daulay dinilai mampu meletakkan pondasi pembangunan fisik daerah ini. Jika kita lihat wajah kabupaten pada masa sekarang, bisa dikatakan semua masih peninggalan era kepemimpinan almarhum. Lebih lanjut BACA DISINI
  3. Bachtiar Siagian
    Bachtiar Siagian satu-satunya warga Kota Binjai yang mendapatkan Piala Festival Film Indonesia (FFI) dengan kategori sutradara terbaik, pada tahun 1960.
    Bachtiar Siagian Lahir pada tanggal 19 Februari 1923 beliau merupakan seorang sutradara dan penulis skenario asal Indonesia. Ia pernah meraih Piala FFI sebagai Sutradara Terbaik pada tahun 1960 untuk karya filmnya yang berjudul Turang. Ia sempat menjadi pemeran utama dalam film Melati Sendja.
    Dalam kehidupannya, ia menikahi Yeni Prastanti, dan dikaruniai tiga orang anak, yakni Indra Porhas Siagian, Bunga Pratiwi Siagian dan Bismar Siagian. Lebih lanjut BACA DISINI
  4. Abdul Halim Hasan
    Abdul Halim Hasan merupakan seorang ulama dan tokoh pendidikan yang lahir di Binjai pada tahun 1913. Ia dikenal sebagai pendiri Pondok Pesantren Darussalam, salah satu pondok pesantren terbesar di Sumatera Utara. Abdul Halim Hasan juga aktif dalam bidang politik dan pernah menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari Partai Masyumi.
  5. Delia Pratiwi Sitepu
    Delia Pratiwi Sitepu merupakan seorang atlet bulu tangkis yang
    lahir di Binjai pada tahun 1994. Ia pernah meraih medali perak di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022 dan medali perunggu di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2023. Delia Pratiwi Sitepu merupakan salah satu pemain bulu tangkis putri terbaik Indonesia.
    Tokoh-tokoh terkenal asal Binjai tersebut telah memberikan kontribusi yang besar bagi bangsa dan negara. Mereka telah mengharumkan nama Binjai di kancah nasional dan internasional. Semoga generasi muda Binjai dapat mengikuti jejak mereka dan menjadi tokoh-tokoh yang berprestasi di masa depan.
About the author

Penulis juga mempunyai beberapa website yang di kelola, seperti Hobi Nulis maupun Barista